Minggu, 22 Juli 2012

Masalah Rambut Beruban

Kalian pasti ingin memiliki rambut yang indah, sehat, dan hitam mengkilat bukan? Namun apa jadinya bila rambut tersebut malah beruban?

Banyak orang mengatakan, uban menandai kematangan seseorang. Ketika rambut seorang pria mulai beruban, bahkan sering dianggap membuat penampilan makin bijaksana. Tetapi lain halnya bila uban ini muncul lebih cepat dari yang kita duga. Dulu, uban mungkin baru muncul pada usia akhir 30-an atau awal 40-an.



Rambut mulai beruban dapat disebabkan oleh
beberapa faktor, dan bila Anda ingin mengurangi resiko akan rambut beruban secara dini, maka kalian harus waspada akan beberapa faktor penyebab rambut beruban. Faktor penyebab rambut beruban antara lain sebagai berikut:

1. Faktor pertama adalah stres. Faktor ini adalah salah satu faktor utama atau faktor yang sering menimpa seseorang. Stres adalah suatu kegiatan berfikir secara berlebihan dan hingga membawa kita pada suatu emosional yang tak menentu dan cenderung membawa kita pada emosi yang berdampak kurang baik bagi tubuh, seperti pada kondisi tubuh hingga pada akhirnya kita mengalami penurunan kondisi tubuh (sakit).
Stres dapat memicu hormon atau kelenjar pada tubuh yang akan menghasilkan suatu reaksi kimiawi yang ada pada tubuh dengan tidak teratur, dan dapat membuat organ tubuh lain menjadi tidak terkendali, bahkan baik secara emosional, fisik, dan rohani kita akan terganggu.
Bila Anda ingin mengurangi resiko rambut beruban secara dini, maka Anda usahakanlah untuk terhindar dari stres.

2. Tidak teratur dalam pemakaian suatu produk untuk kulit kepala dan rambut. Faktor yang satu ini merupakan faktor yang tanpa kita sadari sering kita lakukan, yaitu salah satunya kita sering gonta-ganti shampo dan seringnya kita mewarnai rambut dengan berbagai macam warna.
Sering gonta-ganti shampo akan membuat rambut kita tercemar oleh zat kimia yang terdapat pada shampo. Karena masing-masing shampo mempunyai berbagai macam bahan kimia yang berbeda-beda yang belum tentu baik untuk kondisi rambut kita.
Dan sering mewarnai rambut pun dapat menjadikan rambut kita cepat rusak dan cepat beruban. Karena rambut kita selalu terkena zat kimia dan zat pewarna pada rambut.
Dari kedua aktivitas tersebut, rambut kita akan selalu terkena zat kimia yang belum tentu cocok dengan kondisi rambut kita, dan reaksi kimia yang tidak sesuai atau tidak cocok dengan rambut kita maka akan terjadi suatu reaksi yang hasilnya tidak sesuai.

3. Kelain Genetik. Kelainan genetik merupakan faktor yang kurang populer. Namun apakah kalian tahu apa itu kelaian genetik dan apa tandanya?
Kelainan genetik adalah yang menyebabkan hormon pada pertumbuhan rambut kita tidak cukup stabil, dan pada akhirnya usia kita yang masih muda sudah mempunyai uban. Contohnya adalah usia remaja (belasan tahun) sudah beruban. Faktor ini jarang kita temui.

Itulah beberapa faktor yang dapat menyebabkan rambut kita beruban secara dini, maka berhati-hatilah dengan faktor tersebut. Selain itu masih banyak faktor lain yang dapat menyebabkan rambut beruban.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian, bila terdapat kesalahan, mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa komentar ya!
Karena komentar kalian sangat penting bagi ku....