Minggu, 22 Juli 2012

Penyebab Rambut Beruban

Mempunyai rambut yang sehat tentu itu adalah keinginan semua manusia, baik itu anak-anak, remaja, dewasa, atau pun orang tua. Mempunyai rambut hitam, tebal, dan berkilau
pasti mempunyai kebanggaan tersendiri, namun itu semua bila tidak dirawat dengan baik maka akan terasa sia-sia saja. Terlebih bila ada uban, pasti akan merusak citra kita, karena biasanya uban hanya dialami oleh para orang tua atau lanjut usia, dan itu merupakan salah satu tanda penuaan seiring pertambahan usia.


Bila kalian yang masih muda berumur 14 tahun - 25 tahun sudah mempunyai uban, bagaimana rasanya? Minder? Tidak percaya diri?


Kali ini kita akan sedikit membahas mengenai masalah "Penyebab rambut berurban". Uban merupakan salah satu tanda penuaan seiring pertambahan usia. Namun, hilangnya pigmen rambut ini seringkali menghinggapi mereka yang masih berusia muda, bahkan anak-anak sekalipun. Mengapa? Berikut beberapa faktor yang menjadi biang keladi tumbuhnya helaian rambut putih keperakan itu:

1. Merokok

Sejumlah studi mengungkap bahwa merokok telah terbukti secara ilmiah menyebabkan penuaan dini di dalam tubuh. Menghentikan kebiasaan buruk ini akan meningkatkan sirkulasi darah, yang dapat memengaruhi penundaan munculnya uban.

2. Minum

Kurangi asupan kafein dan alkohol dan menggantinya dengan konsumsi air putih yang cukup untuk menghidrasi tubuh. Perhatikan pula beberapa santapan seperti gorengan, makanan pedas dan asam yang dapat mempercepat dehidrasi. Kurangnya kelembaban dalam tubuh atau dehidrasi akan menghambat nutrisi mencapai folikel rambut, sehingga memicu uban.

3. Stres

Penelitian Universitas Duke mengungkap bahwa stres menjadi salah satu pemicunya. Penelitian itu menunjukkan bagaimana tekanan dalam pikiran akan memicu tubuh memproduksi zat yang dapat merusak DNA, sehingga memengaruhi kondisi fisik.

Studi lain menyebut bahwa stres memicu radikal bebas yang dapat memengaruhi produksi melanin, pigmen yang bertanggung jawab terhadap warna rambut. Meski hanya faktor kecil yang dapat mempercepat pemutihan rambut, pengendalian stres tetap penting untuk mencegah risiko yang ada.

4. Vitamin B12

Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan tumbuhnya uban di usia muda. Perbanyak konsumsi makanan kaya vitamin B12 seperti telur, keju, daging sapi, pisang, ikan, dan daging domba.

5. Sirkulasi darah

Kelancaran aliran darah sangat penting mencegah rambut uban. Tidak ada gunanya makan semua vitamin dan mineral jika mereka tidak dapat mencapai kulit kepala dan rambut. Untuk meningkatkan sirkulasi darah, berolahraga teratur adalah cara terbaik. Bisa juga, pijat kulit kepala dengan ujung jari selama 5-10 menit setiap hari.

6. Copper

Kekurangan zat copper dalam tubuh dapat mempercepat tumbuhnya uban. Zat ini banyak terkandung dalam makanan seperti lobak, kacang-kacangan, ubi jalar, bayam, dan daging. Zat penutrisi rambut ini juga ditemukan di blackberry, nanas, delima, almond, dan biji labu.

7. Yodium

Makanan kaya yodium antara lain wortel dan bayam. Memenuhi zat gizi ini tak hanya dapat memperlambat tumbuhnya uban, tapi juga menunjang kesehatan tubuh.

8. Protein

Diet tinggi protein sangat baik untuk menunjang kesehatan tubuh, termasuk kulit dan rambut. Coba perbanyak konsumsi daging minim lemak seperti kalkun dan ayam untuk memenuhi kebutuhan protein. Misalnya, jika Anda memiliki roti, seimbangkan dengan telur rebus untuk protein ekstra.

9. Tidur

Berapa jam Anda tidur malam? Usahakan bisa memenuhi waktu tidur delapan jam semalam demi mencapai kualitas yang baik. Selain membuat tubuh relaks, pola tidur yang baik juga berperan dalam meremajakan sel-sel tubuh, sekaligus mengurangi tingkat stres.

10. Produk yang tidak cocok

Keramas adalah kegiatan membersihkan kulit kepala dari ketombe dan agar rambut tidak berbau, tidak lengket, dan sebagainya. Keramas tentu perlu shampo, begitu banyak produk dan merek yang beredar di luar sana, mulai dari anti ketombe, membuat rambut terlihat lebih lebat, memperkuat akar rambut, dan lain sebagainya.

Jika kita salah dalam memilih shampo, bahkan hingga sering mengganti merek atau prodak shampo, itu dapat membuat rambut beruban. Karena rambut sering menerima zat yang berbeda-beda dari tiap shampo yang kemungkinan tidak cocok dengan kulit kepala dan rambut Anda. Janganlah Anda sering menggonta-ganti shampo, karena itu bisa membuat rambut Anda beruban bila tidak cocok dengan kulit kepala dan rambut Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa komentar ya!
Karena komentar kalian sangat penting bagi ku....